Kamis, 25 September 2014

Sedikit Perbedaan Blogspot dengan Wordpress

Baru-baru saja aku mencoba aktivitas blogging menggunakan wordpress. Setelah beberapa bulan ini membagi tulisan lewat blogspot. Awalnya sedikit kebingungan. Dasbor wordpress sedikit rumit, sebab memiliki dua tampilan. Aku sebut saja tampilan lama dan baru. Perbedaannya hanya pada sisi efektivitas.

Dalam tampilan lama, kotak entri postnya mirip di blogspot, sedang dalam tampilan baru lebih elegan. Namun jangan sekali-kali menyunting postingan melalui tampian baru, karena pengalamanku kemarin, postingan tetap tidak berubah. Wordpress punya kelebihan di kolom entry, yakni fitur "baca selengkapnya", yang apabila digunakan di sembarang tempat, tidak akan memotong kalimat. Berbeda dengan Blogspot, yang fungsinya lebih mirip enter. Jadi kita tidak bisa memasangnya di tengah kata atau kalimat.
Dari sisi widget, aku lebih menyukai blogspot. Teerutama widget untuk arsip. Tampilan menurun panjang dengan runtutan nama bulan, jumlah postingan, dan judul terasa lebih rapi dan menarik. Sedang di wordpress tampilan arsip hanya bulan dan jumlah, tanpa judul. Akibatnya sedikit menyulitkan pembaca ketika akan mencari sebuah postingan lama.

Dari segi pengaturan tata letak, aku lebih menyukai wordpress, simple. Baik dalam hal penempatan widget atau pencariannya. Meski dari sisi jenis,widget blogspot lebih bervariasi.

Untuk design, karena masih belum sempat otak-atik, jadi belum merasakan perbedaannya. Sejauh ini tampilan kedua blogku masih standar. Postinganku pun kebanyakan masih berupa tulisan, padahal seyogyanya diberi sedikit cuplikan gambar agar postingan kian manis, namun waktu yang belum memungkinkan.

Terakhir yang mungkin bisa aku bagi, blogspot lebih mudah dicari di google, tanpa perlu mendaftarkan url. Mungkin karena masih satu keluarga. Hehe. Sedangkan wordpress harus didaftarkan dulu agar bisa muncul di mesin pencarian google. Panduan untuk mendaftarkan link banyak di blog-blog lain. Mudah kok, tinggal cari di google, dan ikuti instruksinya.

Itulah sedikit yang bisa aku bagi dari pengalaman di dua rumah. Ehm, sedikit berbangga, meski dua rumah, tapi keduanya tetap terawat dengan baik. Karena yang blogspot aku khususkan untuk karya tulis dan seni rupa, sedang wordpressku untuk tulisan 'semau gue' yang cenderung bebas. Kebanyakan sih isinya tentang isi hati. (Emang penting?) haha. Okelah, Blogspot ataupun Wordpress ... yang penting keep writing!

AM. Hafs
Singosari, 25/09/2014


3 komentar:

  1. kapan kapan mau coba wordpress kalau sempet :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. ^^ ntar jangan lupa bagi pengalaman soal desainnya :D

      Hapus
  2. Perkenalkan, saya dari tim kumpulbagi. Saya ingin tau, apakah kiranya anda berencana untuk mengoleksi files menggunakan hosting yang baru?
    Jika ya, silahkan kunjungi website ini www.kumpulbagi.com untuk info selengkapnya.

    Di sana anda bisa dengan bebas share dan mendowload foto-foto keluarga dan trip, music, video, filem dll dalam jumlah dan waktu yang tidak terbatas, setelah registrasi terlebih dahulu. Gratis :)

    BalasHapus

Anda pengunjung ke

Statistikku