Kamis, 25 Desember 2014

Hafalan Surat Si Evi

"Aduh, sulit, Mas." Evi mengeluh menatap ayat panjang yang harus dihafal. Dan setiap kali itu pula, aku harus memotivasinya. Menunjukkan kembali berlembar-lembar ayat yang telah dihafalnya. Lalu membandingkannya dengan ayat yang kini tengah ia hadapi.
"Coba lihat, jumlah ayat yang sudah kamu hafal dengan ayat ini banyakan mana?"
"Banyakan ini, Mas," jawabnya dengan sedikit lesu.
"Nah, masih merasa sulit?"
"Iya."
"Emangnya sudah berapa jam dihafalinnya?"
"Emmm ..., baru kemarin."
Aku tertawa. "Sulit itu kalau sudah seminggu menghafal tapi gak bisa-bisa. Ayo sana coba lagi, perkata-perkata." Aku mencoba kembali menyemangati.
Entah, anak sekarang kenapa mudah sekali menyerah. Sebenarnya mereka bukan tidak bisa, tapi tidak mau. Atau jika boleh kumenyebutnya, malas. Inginnya sekali baca langsung hafal. Hehe. Jadi ingat salah satu petuah ulama, "Tugas pengajar dan pendidik, selain mendampingi, memotivasi, jangan lupa juga dibarengi tirakat. Minimal didoakan setiap selesai sholat. Syukur-syukur kalau bisa dipuasai. Agar batin pendidik dan yang dididik nyambung. Sehingga ilmu itu mudah tersalurkan."
Wallahu a'lam bisshawab.
AM. Hafs
Malang, 25 Desember 2014

8 komentar:

  1. Haha bener bgt mas, anak jaman skrg sukanya apa-apa mesti instan. gak mau sama proses, penginnya langsung instant, langsung bisa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehe, efeknya ... pengajar harus ekstra sabar :D dan kreatif ^^

      Hapus
  2. Baru mampir udah suka sama tulisannya :)

    www.fikrimaulanaa.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Weh, thanks yak? Segera meluncur ke webnya ^^

      Hapus
  3. saya setuju, sanak sekarang gampang banget nyerah. teman2 saya contohnya :)
    dana saya juga setuju sama komentar pertama. anak2 jaman sekaran sukanya sama yang instan dan nggak berproses. padahal kan "mie instan" aja kalau mau dimakan butuh proses dulu :)

    salam kenal
    www.ijeverson.com

    BalasHapus
  4. Salam kenal ^^ makasih udah mampir ...

    Iya nih, butuh putar otak lebih buat memotivasi mereka. Gak cukup pakai perintah :D

    BalasHapus
  5. "bukan nya tidak bisa tapi tidak mau" bener banget mas, gue aja udah gede gini terkadang masih ada sifat seperti itu :/

    BalasHapus
    Balasan
    1. wahaha saya pun, sama #tepokjidat makasih kunjungannya ^^

      Hapus

Anda pengunjung ke

Statistikku