Selasa, 13 Januari 2015

Fungsi dan Manfaat Nama Pena

Assalamu’alaikum …. Selamat siang, Pembaca! Para blogger hebat ataupun pemula. Ada yang sedang tidur siang? Semoga bisa mendapat inspirasi dari mimpi ya … Haha. Yang belum mandi silakan mandi dulu, biar seger, kemudian salat bagi yang belum, lalu bobok siang. Hehe Yang pasti, tetep semangat! Okey?

Okay, pasang mata, pasang hedset, puter musiknya. Kita langsung ke materi nama pena. Sudah? Well, kira-kira ada yang tahu enggak fungsi nama pena? Sudah tahu semua? Hebaaat! Karena sudah tahu semua, Aku di sini hanya akan mengulang atau mungkin menambahkan. O'rait? Cekidot!

Fungsi atau kegunaan nama pena. Sebelumnya kupanggil dulu asistenku ya? Dia burung imut yang suka nangkring di pojokan halaman kertas, namanya Inkbird. Suka banget ngoceh. Karena itu, biar lebih menarik aku ajak ia ke sini buat nge-ramein suasana.

Piuuuuwit!

“O’Rait, Kapten!” Nah, udah denger gak suaranya cemprengnya? Mirip-mirip beo. Tapi warnanya hitam putih kayak panda. Jambulnya putih. Hehe

“Aku bukan Beo, Kapten!”

Okay, okay! Inkbird adalah Inkbird, bukan Beo meskipun mirip Beo. Haha. Sudah siap?

“Hadeeeh! O’Rait, Kapten!”

Baik, tolong bacakan isi kertas ini ke teman-teman!

“O’Rait! Beberapa kegunaan nama pena : Satu! Supaya kita mudah dikenali. Karena terkadang nama asli terlalu panjang. Karena itu, nama asli biasanya disingkat dan menjadi nama pena.”

Okay, gud Bird! Coba perhatikan. Dari point nomor satu, bisa kita ambil kesimpulan jika nama pena bisa dibuat dengan menyingkat nama asli. Misal nih, namanya Muhammad Agung Devonda Baihaqi. Rasanya, jika harus dipakai sebagai nama pena akan susah diingat bukan, jadi bisa disingkat D. Baihaqi. Lebih simple bukan?  Oke next, Bird!

“Dua, untuk menambah nilai jual.”

Point dua, coba perhatikan, nama Sigit Purnomo Said. Ada yang tahu ini nama artis siapa? Yup, betul! Itu adalah nama asli dari Pasha, vokalis band Ungu. Karena penulis itu pada akhirnya harus menjual bukunya, agar pembacanya lebih banyak dan ilmunya lebih tersebar serta bermanfaat, maka nama pun harus mempunyai nilai jual. Kalau nama asli sudah keren lalu dijadikan nama pena, apa boleh? Boleh sekali, karena ini hanya masalah taste atau ‘rasa’. Ok, next!

“Tiga, agar kita mempunyai ciri khas.”

Okay, coba tengok namaku, Agus. Berapa orang yang punya nama ini? Banyak bukan? Karena itu, aku membuat nama pena agar mempunyai ciri khas. AM. Hafs (baca Hafes-red). Belum ada yang punya. Jadi ketika ada yang menyebut nama itu, otomatis yang disebut adalah … aku. Hehe. Ok, Next!

“Empat, untuk mengabadikan harapan.”

Di point empat, sekalian aku jelasin tentang AM. Hafs. AM adalah singkatan dari Agus Muhammad, masih mengambil dari nama asli. Lalu, Hafs? Siapa dia? Seorang Ulama besar yang bacaan Alqurannya Masyhur di seluruh dunia. Aku nge-fans banget sama beliau. Selain itu,  berharap dengan memakai nama beliau, Aku ketularan teladan dan kebaikannya. Sehingga, mimpi jadi penulis yang lebih hebat dari Habiburrahman El Shirazy bisa terwujud, aamiin, doain ya? Hehe Kalian pasti juga punya seseorang yang dikagumi bukan? Bisa tuh dijadikan nama pena.

Well! Itu tadi empat fungsi dan manfaat nama pena. Nah, tadi si Inkbird sudah tanya, hal-hal berkenaan dengan nama pena. Sekarang waktunya para pembaca budiman yang berpendapat dan bertanya. Silakan tulis di kolom komentar! ^^

Tetap Merah! Tetap Pedas (Penulis cerdas)! Salam Cabe Rawit! Wassalamu’alaikum

AM. Hafs
Malang, 11/01/15

9 komentar:

  1. Hahai, makasih. Semoga bermanfaat. Ada alamat yang bisa dikunjungi balik? ^^

    BalasHapus
  2. Bener sekali nih.... saya baru tahu rupanya nama pena sangat penting ya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. ^^ terima kasih sudah berkunjung. MG Makruf nama pena?

      Hapus
  3. Balasan
    1. Hihi matur nuwun, masih nubi nih dalam dunia -ke-blogger-an :D

      Hapus
  4. Nama pena-ku ngasal sih, cuma suka kalo ada huruf G sam Y dan tetep nyampur sama nama asli. Hahaha

    BalasHapus
  5. Saya juga pakai nama pena ^^ lbh segar aja image nya.. walaupun terkadang suka membingungkan. *curcol

    BalasHapus
  6. @Ahza, Hehe biasanya yang membingungkan yang susah diingat/diucap ^^

    BalasHapus

Anda pengunjung ke

Statistikku