Selasa, 13 Mei 2014

Membuat Bisu Kicauan Akun lain di Twitter

Media sosial seakan sudah menjadi bagian hidup dari manusia masa kini. Ada berbagai macam bentuk media sosial yang ada kini. Mulai dari yang luar negeri seperti facebook, twitter, instagram, path, google plus atau yang lokal seperti salingsapa, kaskus, dan kompasiana.

Masing-masing berlomba memberikan keunggulan dan membentuk ciri khas, demi menjaring pengguna sebanyak-banyaknya.
Bicara mengenai media sosial, adalah hal mengasyikkan saat kita memiliki banyak teman, tak cukup ratusan bahkan hingga ribuan, hal yang cukup sulit tentunya untuk memiliki teman sebanyak itu di dunia nyata. Apalagi, teman-teman di media sosial tak hanya dari satu kampung yang sama, melainkan bisa antar daerah bahkan manca negara.

Dari banyaknya teman tersebut jika diperhatikan, kemungkinan ada saja teman-teman yang
suka memposting hal-hal kurang layak, atau tak berkenan di hati. Jika memang tidak kenal, atau baru kenal, bisa dengan mudah kita blokir atau dibatalkan pertemanan. Dengan begitu kita tidak lagi yerganggu dengan postingannya. Tapi, bagaimana jika sudah terlanjur akrab? Terkadang ada rasa bimbang, saat mau membatalkan pertemanan, entah karena khawatir dikira sombong atau lainnya.
Bagi pengguna facebook, kini tak usah risau. Karena facebook mempunyai fitur 'berhenti berlangganan'. Dengan fitur itu, tanpa membatalkan pertemanan, kita tidak akan lagi menerima kabar berita dari akun yang kita anggap mengganggu.

Nah, jika di facebook ada fitur semacam itu, bagaimana dengan twitter?
Seperti yang dilansir dari detik.com. Baru-baru ini, Twitter mulai memperkenalkan fitur baru yang disebut 'mute'. Sebuah fitur yang mempunyai kemiripan fungsi seperti pada 'berhenti berlangganan'nya Facebook.

Dengan fitur ini, pengguna aplikasi Twitter untuk Android, iPhone, dan Twitter.com bisa membungkam seseorang dari timeline Twitternya. Sebetulnya fitur ini sama sekali bukanlah fitur baru, karena aplikasi Twitter pihak ketiga seperti Tweetdeck, dan lainnya sudah sejak lama memberikan fitur mute kepada pengguna.

Seperti yang dikatakan oleh Twitter dalam laman blognya, untuk 'membungkam' seorang user bisa dilakukan dengan menggunakan tombol roda yang ada di laman profil user tersebut.
Sayangnya, hingga berita ini diturunkan, fitur mute ini sepertinya belum bisa digunakan oleh pengguna Twitter di Indonesia. Pihak Twitter sendiri menjanjikan bahwa fitur barunya tersebut akan tersedia untuk semua pengguna dalam beberapa minggu ke depan.

Update : Sudah bisa digunakan melalui menu pengaturan.

AM. Hafs

2 komentar:

  1. Wah, asik juga kalau ada fitur begini. Kadang kita kenal seseorang, mereka mmeminta folback, padahal beberapa kicauannya nggak mengenakkan. Mau di unfollow g enak. Serba salah, deh :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Heheh, setuju, sama-sama menunggu beberapa minggu lagi buat bisa menikmati fitur itu. :)

      Hapus

Anda pengunjung ke

Statistikku